Detail Cantuman

Pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang

Pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang


Salah satu dasar pemikiran yang melatar belakangi peneliti mengambil
judul Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten
Tangerang, fenomena yang ditemukan dari hasil observasi pada saat P2KT di
SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang perihal pembelajaran Pendidikan
Agama Islam, dimana pendidik menyampaikan materi pembelajaran lebih bersifat
monoton yaitu menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, kedua metode
tersebut memiliki kelemahan yaitu minat membaca yang minim dan tidak
menciptakan ruang dialog sehingga berdampak pada hasil belajar.
Dalam skripsi ini peneliti mencoba menjelaskan metode demonstrasi
sebagai alternatif lain diluar kedua metode tersebut dengan memanfaatkan sarana
dan teknologi informasi yang tersedia. Metode merupakan cara atau alat untuk
mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan metode demonstrasi adalah cara
penyampaian materi dengan mencontohkan atau mempragakan kepada peserta
didik suatu proes, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik nyata
ataupun tiruan yang turut disertai dengan penjelasan lisan.
Dan adapun penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif
deskriptif dengan menggunakan survey dan penyebaran angket terhadap
responden. Desain penelitian menggunakan penelitian lapangan dan metode yang
digunakan pada penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dengan
pendekatan deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 165 responden serta teknik
pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 117 responden
yang dihitung menggunakan rumus slovin. Diperoleh perhitungan korelasi
spearman rank yang hasilnya 0,99 dan koefisien determinasi sebanyak 99,07%
dan t Hitung 75,30 > dari t tabel. Dari hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan,
bahwa terdapat korelasi kuat sekali yaitu antara 0,91-0,99. Dengan demikian Ha
yang menyatakan pengaruh metode demostrasi terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Gina Pakuhaji
Kabupaten Tangerang diterima dan dan hipotesis Ho ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Murtafiah 1903020134
Pengarang Murtafiah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Muhammad Mas'ud - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Neni Nuraeni - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2313401 MUR p
Subyek Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam
metode
Demontrasi
Klasifikasi AI2313401
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxi + 132 hlm, :30cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003, Penguji 1 : Muhammad Mas'ud 0430108703, Penguji 2 : Neni Nuraeni 8881460018, Penguji 3 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id