Detail Cantuman

Peningkatan prilaku sosial siswa melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran siswa kelas XI di SMAN 1 Tangerang

Peningkatan prilaku sosial siswa melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran siswa kelas XI di SMAN 1 Tangerang


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sosial siswa melalui
Peningkatan Perilaku Sosial Siswa melalui Penerapan Klarifikasi Nilai dalam
Pembelajaran Siswa di SMAN 1 Tangerang. Peningkatan difokuskan pada empat
aspek nilai yaitu ketaatan beribadah, toleransi, kepedulian dan tanggung jawab.
Penelitian ini merupakan classroom action research (penelitian tindakan
kelas) yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI berjumlah 26 siswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas XI
sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai observer. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan analisis dokumen.
Analisis data dilakukan dengan secara kualitatif dengan teknik yang
dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan penerapan
teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan perilaku sosial siswa pada aspek nilai
ketaatan beribadah, toleransi, kepedulian dan tanggung jawab.Tindakan
pembelajaran dilakukan dengan mengklarifikasi nilai-nilai yang disesuaikan
dengan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan, dengan menerapkan
model tanya jawab, cerita anak secara konstekstual, analisis kasus serta diskusi
kelompok untuk melatih kerjasama, saling menghargai dan memahami orang
lain. Peningkatan dapat diamati pada perilaku positif siswa dengan proporsi: 1)
ketaatan beribadah, siklus I 41.35 %, siklus II 50.48 % dan siklus III 71.15 %; 2)
toleransi, siklus I 39.90 %, siklus II 52.88 % dan siklus III 74.99%; 3)
kepedulian, siklus I 41.15 %, siklus II 50.38 %, dan siklus III 71.54 %; 4)
tanggung jawab, siklus I 38.46 %, siklus II 59.61 % dan siklus III 72.31 %.
Peningkatan perilaku siswa diimbangi dengan peningkatan hasil belajar siswa
pada setiap siklusnya, siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 62, siklus II
rata-rata 69 dan siklus III 77.5. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan siswa pada
kesungguhan dan tanggung jawab dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas
dari guru.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Nurleila 2107010022
Pengarang Nurleila - Personal Name
Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name
Edi Mulyadi - Personal Name
Hardjito S. Darmojo - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF MIA2302213 NUR p
Subyek perilaku sosial
teknik klarifikasi nilai
Pembelajaran PKn
Klasifikasi MIA2302213
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiv + 121 hlm, ;30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Pembimbing 2 : Hardjito S. Darmojo 0414047006 / Penguji 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Penguji 2 : Hardjito S. Darmojo 0414047006 / Penguji 3 : Edi Mulyadi 8852760018

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id