Detail Cantuman

Pengembangan model pendidikan kesehatan remaja dalam pendewasaan usia perkawinan ( Mengukur Batasan Usia Sisi Kesehatan dan Emosional untuk Berkeluarga)

Pengembangan model pendidikan kesehatan remaja dalam pendewasaan usia perkawinan ( Mengukur Batasan Usia Sisi Kesehatan dan Emosional untuk Berkeluarga)


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen model pendidikan kesehatan remaja dalam pendewasaan usia perkawinan. Pada usia remaja tersebut organ reproduksi perempuan secara psikologis sudah berkembang dengan baik dan kuat serta siap untuk melahirkan keturunan dan secara fisik pun mulai matang. Untuk itu diperlukan suatu metode pendidikan kesehatan yang dapat menjangkau para remaja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganyang juga meliputi proses pembakuan Instrumen. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari define (Pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini terdiri dari remaja berusia 10 – 15 tahun dan 16 – 21 tahun di kota Tangerang. Sampel dipilih pada penelitian ini melalui tehnik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan reproduksi dapat meningkatkan pengetahuan remaja di kota Tangerang, tentang pendewasaan usia perkawinan. Kegiatan pendidikan kesehatan melalui pendidikan reproduksi menunjukkan hasil yang cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pendewasaan usia perkawinan. Pada saat pratest, pengetahuan remaja termasuk dalam kategori kurang karena belum mendapatkan informasi secara langsung mengenai pendewasaan usia perkawinan. Akan tetapi secara tidak langsung beberapa remaja mendapatkan informasi dari media tanpa pengetahuan lebih lanjut yakni pada tahap tahu. Namun saat posttest, terjadi peningkatan yang signifikan pada pengetahuan responden mengenai pendidikan kesehatan reproduksi. Dari 13 indikator, semuanya mengalami peningkatan nilai rata – rata pengetahuan dibandingkan saat pratest kesehatan reproduksi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Bambang Afriadi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek Remaja
Kesiapan berkeluarga
model pengembangan
pendidikan kesehatan reproduksi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Islam Syekh Yusuf
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik 130 hlm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id