Detail Cantuman

Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter studi kualitatif deskriptif Di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter studi kualitatif deskriptif Di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang


Tesis ini membahas tentang Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Lokasi penelitian ini adalah di SD IT Islamicity Tangerang pada kelas VI. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah Jujur, disiplin, Tertib, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan Futsal, Taekwondo, Seni Tari, Pramuka, dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik. Sebagai implikasinya, SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan lagi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Herayati 1707010021
Pengarang Herayati - Personal Name
Dr. Ir. Sriyanti, M., M.Si - Personal Name
Drs. Ambuy Sabur., MM., M.Pd - Personal Name
Prof. Dr. Mustofa Kamil, Dipl, RSI.,M.Pd - Personal Name
Dr. Mastur Thoyib, S.Pd., M.Pd., MM - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF MIA1902113 HER k
Subyek Kepala Sekolah
Kualitatif Deskriptif
Klasifikasi MIA1902113
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id