Detail Cantuman

Peran pemerintah desa dalam mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bagi pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri (sebuah pendekatan soft systems methodology Di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang)

Peran pemerintah desa dalam mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) bagi pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri (sebuah pendekatan soft systems methodology Di Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang)


Penelitian ini berjudul “PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDORONG BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) BAGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU DESA MANDIRI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifkasi peran pemerintah desa dalam mendorong program BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Pagedangan sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan Sistem Lunak atau Soft Systems Methodology (SSM) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pertama, sebagai fasilitator pemerintah desa Pagedangan belum maksimal dalam melakukan komunikasi intens, restrukturisasi organisasi BUMDes, dan uji kelayakan usaha. Kedua, sebagai mediator pemerintah desa Pagedangan belum maksimal dalam membangun kepercayaan masyarakat, menyediakan sarana dan prasarana, membangun jaringan sosial dan kemitraan. Ketiga, sebagai pemberdayaan pemerintah desa Pagedangan belum maksimal dalam menggali potensi desa, konsentrasi dan melakukan pengawasan terhadap program pemberdayaan masyarakat. Keempat, sebagai pengelola pemerintah desa Pagedangan belum maksimal dalam melakukan pengawasan internal dan penganggaran yang akuntabel. Berdasarkan keadaan peran pemerintah desa di atas, maka dengan demikian perlu ditingkatkan kembali perannya baik sebagai fasilitator, mediator, pemberdaya dan pengelola sehingga dapat meningkatkan BUMDes sebagai lembaga perekonomian desa dan berdampak terhadap pemberdayaan masyarakat dalam menuju desa mandiri


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ecep Supriadi - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF MIA1901013 ECE p
Subyek Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)
Klasifikasi MIA1901013
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id