Detail Cantuman

Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik (studi deskriptif kualitatif Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tangerang)

Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik (studi deskriptif kualitatif Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tangerang)


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mendiskripsikan secara mendalam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : (1) penetapan Staf / Pekerjaan : (a) pembagian tugas di bidang pelayanan telah ditetapkan dengan surat tugas yang telah disesuaikan dengan kompetensi masing-masing bidang pelayanan atau sesuai dengan tupoksi masing-masing; (b) kegiatan seleksi pegawai dalam menyiapkan pelayanan kepada publik, masih belum punya tahapan yang lengkap dan jelas, akan tetapi kegiatan seleksi menjadi kewenangan BKPSDM; (c) tanggung jawab pegawai sudah cukup baik, mereka bekerja cepat, akurat dan akuntabel serta sesuai aturan; (2) evaluasi Kinerja : (a) pimpinan mengadakan brifing kepada semua staf-staf atau mengevaluasi kinerja pegawai; (b) program pelatihan pelayanan publik yang dirancang dapat membantu stabilitas pegawai dan mendorongnya untuk memperbaiki cara kerja dan moral; (c) kinerja pelayanan sudah baik terbukti dengan nilai IKM di atas grat 90; (3) kompensasi : (a) kenaikan gaji yang diupayakan oleh pemerintah kontribusinya terhadap pelayanan berdampak positif pada kinerja pelayanan; (b) dalam pelaksanaannya dinas tidak memberlakukan kompensasi, selama ini yang ada hanyalah tunjangan kinerja dari pemerintah; (c) sistem kompensasi yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tangerang adalah diterapkannya kebijakan remunerasi; (4) hubungan pegawai : (a) pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kedisiplinan para pegawai telah sesuai dengan aturan yang berlaku sebagaimana dijelakan dalam PP No 53/2010; (b) dalam pelaksanaan tugas, pegawai mematuhi aturan yang berlaku, Namun disiplin pegawai perlu diperbaiki, hal ini bisa dilihat dari masih ada datang terlambat, masih ada pegawai yang meninggalkan kantor tanpa keterangan, sehingga perlu adanya pembinaan lebih lanjut; (c) hubungan kerjasama antar pegawai dalam memberikan pelayanan kepada publik sangat baik dan terkoordinir serta terarah; (d) hubungan komunikasi yang terjalin di dalam organisasi cukup harmonis pegawai dengan atasannya, ataupun dalam memberikan pelayanan kepada publiknya.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Gugun Gunardi - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF MIA1901813 GUG m
Subyek Sumber Daya Manusia
Pelayanan Publik
Klasifikasi MIA1901813
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id