Detail Cantuman

Proses kolaboratif penanganan kebersihan lingkungan antara masyarakat dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tingkat kelurahan (studi kualitatif deskriptif Di Wilayah Kelurahan Tanah Sereal Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat)

Proses kolaboratif penanganan kebersihan lingkungan antara masyarakat dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tingkat kelurahan (studi kualitatif deskriptif Di Wilayah Kelurahan Tanah Sereal Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat)


Penanganan kebersihan lingkungan merupakan salah satu wujud pelayanan publik dari pemerintah, disisi lain masyarakat juga harus berpartisipasi serta berkolaborasi dengan pemerintah di dalam penyelenggaraan, pengambilan keputusan, dan pengawasan kebersihan lingkungan. Kegiatan seperti kerja bakti dan pemilahan sampah rumah tangga merupakan bentuk usaha bersama dalam mewujudkan kebersihan lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menjawab bagaimana proses kolaboratif dalam penanganan kebersihan lingkungan antara masyarakat dengan PPSU tingkat Kelurahan serta aspek-aspek yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanganan kebersihan lingkungan secara kolaboratif telah terbangun dengan adanya keterlibatan aktor pemerintah dan non pemerintah, terdapat pembagian kewenangan, kerjasama antara masyarakat, organisasi bank sampah masyarakat, PPSU tingkat Kelurahan dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat yang bekerja sama dengan pihak swasta. Telah terbangun dialog, kepercayaan, pemahaman, komitmen hingga mencapai hasil antara. Keterlibatan swasta dalam proses tata kelola kolaboratif masih terbatas pada tahapan kegiatan pemilahan sampah. Penelitian juga menemukan bahwa proses kolaboratif ini belum sempurna aspek-aspek yang turut berhubungan antara lain masih rendahnya pemahaman masyarakat akan pemilahan sampah, pola pikir masyarakat yang masih tradisional dalam penanganan sampah, kurangnya motivasi petugas sampah RT dan RW serta prasarana dan manajemen pengangkutan yang kurang optimal. Untuk itu diperlukan sosialisasi, penyuluhan yang lebih intensif, pendampingan untuk mengubah perilaku masyarakat serta inovasi didalam merangsang partisipasi aktif dari masyarakat.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Amal Fitri - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF MIA1901713 AMA p
Subyek Lingkungan
Prasarana
Sarana Umum
Klasifikasi MIA1901713
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id