Detail Cantuman

Kepemimpinan lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan pembangunan (studi kualitatif dan deskriptif Di Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci Kota Tangerang)

Kepemimpinan lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan pembangunan (studi kualitatif dan deskriptif Di Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci Kota Tangerang)


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan pembangunan di Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengkaji model kepemimpinan teori yang bersumber dari Keith Davis, yaitu (a) kecerdesan; (b) kedewasaan dan keleluasaan hubungan sosial; (c) motivasi dan dorongan berprestasi; dan (d) sikap-sikap hubungan kemanusiaan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : (1) Kecerdasan. Lurah dalam menjalankan peran dan fungsinya memiliki memiliki kemampuan dalam menunjang kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan, menggerakkan masyarakat dalam partisipasinya terhadap pembangunan, sehingga dapat mewujudkan cita-cita pembangunan sesuai dengan aspirasi masyarakat; (2) Kedewasaan. Lurah sebagai seorang pimpinan dalam menjalankan peran dan fungsinya mampu menangani permasalahan-permasalahan secara lebih dewasa. Kegiatan pembangunan di tingkat kelurahan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan dijadikan wadah untuk menyampaikan kebutuhan masyarakat di lingkungan tentunya sesuai dengan skala prioritas. Kegiatan pembangunan yang dipelopori oleh lurah sangat dirasakan efektif oleh sebagian masyarakat. Artinya dalam hal ini lurah mampu menggerakkan, mengajak, membujuk dan meyakinkan masyarakat untuk senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan yang diselenggarakan; (3) Motivasi dan Dorongan Berprestasi. Lurah memiliki konsekuensi tinggi terhadap tanggung jawabnya, dapat mendorong kinerja pembangunan yang baik di wilayah kerjanya. Hasil pembangunan yang telah terselenggara dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan atau dicita-citakan oleh organisasi dan masyarakatnya; (4) Sikap-Sikap Hubungan Manusia. Lurah menjalin hubungan kekeluargaan terhadap para pegawai secara akrab dalam lingkungan kerja, selalu mengutamakan pentingnya kerjasama dalam pelaksanaan tugas, serta sering berupaya untuk memperjuangkan hak-hak pegawai dan masyarakatnya secara seimbang sesuai pemenuhan kewajibannya serta mampu menanamkan budaya kekeluargaan, rasa kebersamaan dan semangat gotong-royong yang kuat dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan organisasi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Agus Nurcahyo - Personal Name
Edisi
No. Panggil REF MIA1902413 AGU k
Subyek Masyarakat
Kualitatif
Deskriptif
Klasifikasi MIA1902413
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id