Detail Cantuman

Analisis literasi digital pada hasil pembelajaran daring matakuliah ekonomi makro yang dimediasi gender dan sosio ekonomi keluarga sebagai variable moderator di masa pandemi

Analisis literasi digital pada hasil pembelajaran daring matakuliah ekonomi makro yang dimediasi gender dan sosio ekonomi keluarga sebagai variable moderator di masa pandemi


Pandemi COVID-19 mengubah proses pembelajaran yang menjadi berbasis daring.
Kompetensi literasi digital memiliki hubungan erat dengan pelaksanaan pembelajaran
daring, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat literasi digital pada
peserta pembelajaran daring. Menurut Herliandry dkk (2020) Pembelajaran online
menjadi solusi efektif untuk mengaktifkan kelas meski sekolah telah ditutup mengingat
waktu dan tempat menjadi beresiko pada masa pandemic ini. Salah satu acuan untuk
melakukan pengukuran tingkat literasi digital adalah Konsepsi Bawden, yang membagi
kompetensi literasi digital pada empat aspek. Jenis penelitian ini ada penelitian deskriptif
yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sampel yang
berasal dari suatu populasi, dimana pengambilan sampel dipilih melalui teknik simple
probability sampling. Teknik sampling peluang (simple probability sampling) dipilih
untuk untuk mendapatkan sampel yang representatif (Triyono, 2003). Sampel penelitian
kemudian diukur melalui kuesioner berisi pertanyaan dan pilihan jawaban.
Penelitian ini menunjukkan responden memiliki tingkat literasi digital yang tinggi jika
diukur menggunakan Konsepsi Bawden dalam pembelajaran daring matakuliah ekonomi
makro. Pada aspek kemampuan dasar literasi digital, diharapkan seluruh responden
mampu terhubung media online untuk mengikuti pembelajaran daring, dan diharapkan
mampu menggunakan teknologi untuk menuliskan artikel tugas sesuai format yang
ditentukan. Pada aspek kedua, latar belakang pengetahuan informasi, diharapkan seluruh
responden mampu mencari suplemen pembelajaran dalam bentuk artikel referensi dan
menemukan relevansinya berdasarkan isi dari artikel tersebut. Pada aspek ketiga,
kompetensi utama literasi digital, diharapkan sebagian besar responden mampu mengutip
bagian yang relevan untuk menyusun artikel tugas, serta mampu membandingkan isi dari
beberapa artikel referensi. Pada aspek sikap dan perspektif pengguna informasi
diharapkan seluruh responden mampu menuliskan sitasi dan menyusun daftar pustaka
untuk artikel referensi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Estu Niana Syamiya
Pengarang Dian Ekawati - Personal Name
Debi Wulandari - Personal Name
Estu Niana Syamiya - Personal Name
Sri Lestari - Personal Name
Niken Ari Pertiwi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF LPD2160516 EST a
Subyek Pembelajaran Daring
Literasi Digital
Sosio Ekonomi Keluarga
Masa Pademi Covid-19
Ekonomi Mikro
Klasifikasi LPD2160516
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Islam Syekh Yusuf
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id