Detail Cantuman

Efektivitas akun media sosial instagram @dr.Tirta dalam mengkampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19

Efektivitas akun media sosial instagram @dr.Tirta dalam mengkampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19


Skripsi yang berjudul “Efektivitas Akun Media Sosial Instagram @dr.tirta Dalam Mengkampanyekan Pencegahan dan Penanganan COVID-19” Dilatar belakangi karena adanya pandemi COVID-19 yang menjangkit seluruh dunia termasuk Indonesia yang kemudian muncul banyak seruan yang bertujuan untuk mencegah peneyebaran virus COVID-19 ini, peneliti tertarik meneliti tentang peran stakeholder diera digitalisasi sekarang ini apakah masih efektif atau tidak. Media yang dipilih oleh peneliti sendiri yaitu media sosial Instagram karena sampai saat ini intagram masih memiliki banyak peminat dan terdapat banya influencer di dalamnya. Kemudian peneliti memilih akun Instagram @dr.tirta dikarenakan akun @dr.tirta merupakan salah satu akun yang tergolong sebagai influencer karena memiliki 2,3 Juta pengikut di Instagram per bulan Agustus 2021. DR. Tirta juga menjadi salah satu influencer di Instagram yang rutin melakukan kampanye kesehatan yang dalam penelitian ini terfokus kepada penangan dan pencegahan COVID-19. Akun @dr.tirta sendiri menjadi influencer yang paling disoroti oleh khalayak mengenai kasus COVID-19 maka dari itu peneliti memilih akun @dr.tirta sebagai objek penelitian untuk mengukur efektivitas kampanye penanganan dan pencegahan COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif karena peneliti merasa metode penelitian ini merupakan metode yang paling tepat untuk mengukur seberapa efektif kampanye yang dilakukan oleh @dr.tirta di Instagram kepada pengikutnya. Didukung dengan penggunaan teori Uses and Gratification oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz untuk mengukur motif dan kepuasan dari pengikut akun Instagram @dr.tirta. Dengan menggunakan 100 responden yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan peneliti, penelitian ini menunjuk hasil dengan menggunakan pengujian – pengujian yang ada bahwa kampanye pencegahan dan penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh akun @dr.tirta di Instagram efektif karena dari 100 responden yang memiliki motif dalam mengikuti akun @dr.tirta di Instagram mendapat kepuasan setelah mengikuti akun Instagram @dr.tirta.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ahmad Nur Fauzi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF KM2107206 AHM e
Subyek Efektifitas
Instagram
Klasifikasi KM2107206
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id