Implementasi augmented reality untuk identifikasi arwana menggunakan marker QR Code (Studi kasus : CV. Orins Aquatic Indonesia)
Dalam sebuah teknologi terdapat sebuah teknologi canggih yaitu
Augmented Reality (AR). AR merupakan salah satu teknologi yang digunakan
seiring dengan perkembangan zaman. Teknologi ini menggabungkan 2D atau 3D
dalam lingkungan nyata, kemudian memproyeksikan objek virtual tersebut secara
real time. (Permana dkk., 2016). Agar tujuan implementasi ini berhasil, maka
perlu digunakan salah satu metode yaitu metode waterfall sebagai solusinya. Perlu
adanya teknologi untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah
Augmented Reality yang berfungsi sebagai alat pemelihara ikan dalam
mengidentifikasi spesifikasi ikan Arwana Super Red dan dapat melihat bentuk,
warna, ukuran, tingkat harga dan juga bagian tubuhnya. divisualisasikan dalam
2D/3D. Aplikasi ini menggunakan software Unity 3D untuk membuat Augmented
Reality. Hasil uji coba yang telah dilakukan pada 3 smartphone berjalan dengan
baik, namun aplikasi dijalankan menggunakan smartphone yang memiliki RAM
minimal 2GB dan sistem operasi Lollipop. Namun jika aplikasi ini dijalankan di
smartphone dengan RAM kurang dari 2 GB, kecepatan respon aplikasi tidak akan
maksimal. Dengan Aplikasi Augmented Reality ini dapat menscan QR Code
dengan bantuan camera Vuforia marker dapat di scan nya dengan mudah, dan
aplikasi akan memunculkan gambar 2D/3D yang berisikan spesifikas ikan
Arwana.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ahmad Fadli |
Pengarang |
Ahmad Fadli - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF TI2105209 AHM i |
Subyek |
Waterfall Augmented Reality Teknologi Unity3D Menscan QR Code
|
Klasifikasi |
TI2105209 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Teknik / Teknik Informatika |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|