Analisis sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk herbal halal (Studi pada konsumen produk herbal HPAI di Kota Tangerang)
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian, yaitu untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan promosi terhadap
keputusan pembelian produk herbal halal pada konsumen Produk HPAI di Kota
Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang
dijadikan objek penelitian adalah konsumen dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara incidental sampling yaitu teknik penentuan
sampel berdasarkan kebetulan, sampel yang tercatat dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 125 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil
penelitian : (1) sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk herbal halal t hitung (4.216) > t tabel (1.657); (2) harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal halal t hitung
(4.380) > t tabel (1.657), (3) kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk herbal halal t hitung (1.216) < t tabel (1.657), (4)
promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal
halal t hitung (5.397) < t tabel (1.657), (5) sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan
promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk herbal halal F hitung (110.948) > dari F tabel (1.36), korelasi
berganda bernilai positif 0,883, memiliki tingkat hubungan sangat kuat berada
pada interval koefisien 0,80 – 1,000, uji koefisien determinasi 0,780, hal ini
berarti 78,0% variasi keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel
sertifikasi halal, harga, kualitas produk dan promosi yang dilakukan dapat
memberikan kontribusi yang baik. Sedangkan sisanya 22.0% oleh sebab-sebab
lain, regresi berganda Ŷ= -3,276 + 0,354 + 0,391 + 0,099 + 0,379, nilai konstanta
bernilai negatif -3,276, koefisien regresi sertifikasi halal (X1) 0,354, Koefisien
regresi variabel harga (X2) 0,391, koefisien regresi variabel kualitas produk (X3)
sebesar 0,099, dan koefisien regresi untuk variabel promosi (X4) sebesar 0,379,
maka diperkirakan setiap ada peningkatan (karena tanda +) 1 poin variabel
independen, maka akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 1 poin.
Detail Information