Hubungan pelatihan dan supervisi kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru di SMK Pustek Serpong Kota Tangerang Selatan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pelatihan dan
Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru Pada SMK Pustek
Serpong Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan metode kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear sederhana
dan berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, yaitu seluruh
populasi. Hasil penelitian ini adalah ;
1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan variabelPelatihan (X1) terhadap
Kompetensi Profesional Guru (Y), karena nilai thitung> ttabel, yaitu 4.772 >
1.662. Nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.050.
Diperoleh angka R (koefisien korelasi) sebesar 0.646. Hal ini menunjukkan
bahwa terjadi hubungan yang Kuat. Diperoleh nilai R
2
(R Square) sebesar 0.417.
Hal ini menunjukan bahwa sebesar 41,7% Pelatihan memiliki konibusi
hubungan terhadap Kompetensi Profesional Guru, sedangkan sisanya sebesar
58,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
2. Terdapat Hubungan yang positif dan signifikan variableSupervisi Kepala
Sekolah (X2) terhadap Kompetensi Profesional (Y), karena nilai thitung> ttabel,
yaitu 2.481 > 1.662. Nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di
bawah 0.050. Diperoleh angka R (koefisien korelasi) sebesar 0.482. Hal ini
menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang Kuat. Diperoleh nilai R
2
(R Square)
sebesar 0.232. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 23,2% Supervisi Kepala
Sekolah memiliki kontibusi hubungan terhadap Kompetensi Profesional Guru,
sedangkan sisanya sebesar 76,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan variabelPelatihan dan Supervisi
(X2) secara bersama-sama terhadap Kompetensi Profesional Guru (Y), karena
nilai Fhitung> Ftabel, yaitu 11,905 > 3.10. Nilai probabilitas (signifikansi) =
0.000 yaitu berada di bawah 0.050 dengan demikian Ha diterima, dapat
disimpulkan bahwa. Diperoleh angka R (koefisien korelasi) sebesar 0,689.
menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang Kuat. Diperoleh nilai R
2
(R Square)
sebesar 0.475. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 47,5% Pelatihan dan Supervisi
secara bersama – sama memiliki kontibusi hubungan terhadap terhadap
Kompetensi Profesional Guru sedangkan sisanya sebesar 52,5% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Walkentana Padang |
Pengarang |
Walkentana Padang - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MIA2101213 WAL h |
Subyek |
Kompetensi Profesional Guru Supervisi Kepala Sekolah Pelatihan
|
Klasifikasi |
MIA2101213 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|