Penerapan metode marker based tracking augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan tokoh pahlawan
Sejarah merupakan salah satu materi yang dimuat dalam mata pelajaran pada
tingkat sekolah dasar sederajat, yang pada kegiatan belajar mengajarnya masih
menggunakan buku-buku pembelajaran yang biasanya terdapat tulisan dan gambar
dalam bentuk monoton. Belajar sejarah tokoh pahlawan dapat dipelajari melalui
media pembelajaran, salah satunya dengan adanya perkembangan teknologi yaitu
augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang mampu
menggabungkan antara dunia maya yang dibangun oleh komputer ke dalam sebuah
lingkungan dengan wujud tiga dimensi (3D). Augmented reality sebagai media
pembelajaran bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan ketertarikan siswa
dalam belajar sejarah para tokoh pahlawan. Metode augmented reality yang
digunakan yaitu marker based tracking dengan gambar tokoh pahlawan sebagai
marker, dan metode prototype sebagai metode pengembangan sistem. Pada
penelitian ini menggunakan pengujian black box dan pengujian kuesioner, yang
menghasilkan perhitungan yang menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran
pengenalan tokoh pahlawan ini mampu membuat siswa tertarik dalam mempelajari
sejarah pahlawan. Dari hasil penerapan augmented reality, maka dihasilkan media
pembelajaran sejarah yang disajikan dalam bentuk informasi 3D yang ditampilkan
secara visual dan audio dengan bantuan smartphone android guna meningkatkan
minat dan ketertarikan siswa dalam belajar sejarah pahlawan.
Detail Information