Implementasi augmented reality pada pengenalan huruf hijaiyah dengan marker based tracking berbasis android (Studi kasus Madrasah Ibtidaiyah Al-Islahuddiniyah)
Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan benda-benda
yang dapat dijadikan virtual objek 3D ke dalam lingkungan nyata secara realtime.
Penelitian ini bertujuan memasukkan teknologi Augmented Reality (AR) kedalam
bentuk komunikasi media pembelajaran. Aplikasi ini dirancang untuk
memberikan informasi belajar kepada anak dan membantu peran seorang guru
dalam mengajar sebagai informasi pengenalan huruf hijaiyah dan makharijul
huruf agar meningkatnya efektivitas proses belajar anak disekolah Madrasah
Ibtidaiyah Al-Islahuddiniyah. Maka metode penelitian kualitatif adalah sebagai
teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode waterfall. Aplikasi ini
menggunakan metode marker based tracking sebagai proses deteksi kamera AR
ke marker sehingga menampilkan objek 3D yang dilengkapi fitur seperti
menampilkan teks informasi, audio suara dan menampilkan huruf hijaiyah.
Berdasarkan hasil pengujian dari aplikasi yang telah dibuat menggunakan
pengujian black box dan wawancara langsung kepada pihak sekolah, bahwa
aplikasi ini dapat membantu proses komunikasi dalam belajar mengajar serta
dilengkapi informasi-informasi tentang huruf hijaiyah untuk sebagai bahan media
pembelajaran.
Detail Information