Pengaruh karakter religius orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik masa pandemi covid19 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang
Penelitian ini dilakukan di MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh karakter religius
orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik masa pandemi covid19 akhlak
kelas IX MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang, (2) besarnya pengaruh
karakter religius orang tua terhadap motivasi bealajar peserta didik masa pandemi
covid19 kelas IX MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IX MTS Al Hidayah Sangiang Kota
Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
lapangan atau kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product
moment adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data. Sedangkan
instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuisoner).
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh realibilitas terdapat pengaruh
karakter religius orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX MTS
Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang koefisien korelasi sebesar 0,33 dan
koefisien determinasi sebesar 10% yang berarti terdapat pengaruh karakter
religius orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX MTS Al
Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Berdasarkan analisis data dengan taraf
signifikasi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,494 > 2,008. Dengan demikian
hipotesis Ha yang menyatakan bahwa karakter religius orang tua memiliki
pengaruh terhadap motivasi belajar peserta kelas IX MTS Al Hidayah Sangiang
Kota Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho Menyatakan bahwa karakter
religius orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas
IX MTS Al Hidayah Sangiang Kabupaten Tangerang ditolak.
Detail Information