Pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTS Al-Hidayah Sangiang Kota Tangerang
Penelitian ini dilakukan di MTS Al Hidayah Sangiang Kabupaten Tangerang,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) Adanya pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang,
(2) Besarnya pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian adalah
peserta didik kelas VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
lapangan atau kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product momen
adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta, dan informasi yang
berkaitan dengan varibel yang menjadi pembahasan pembahasan penelitian (X dan
Y). Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuisoner) dimana
untuk variabel X sebanyak 10 item pertanyaan dan variabel Y sebanyak 10 item
pertanyaan.
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh realibilitas terdapat pengaruh
pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota
Tangerang koefisien korelasi sebesar 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19%
yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas
VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Berdasarkan analisis data dengan
taraf signifikasi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,392 > 2,682. Dengan demikian
hipotesis Ha yang menyatakan bahwa pembelajaran daring masa pandemi covid 19
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas
VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho
Menyatakan bahwa pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang ditolak.
SR008232 | REF TI2212009 DON p | Perpustakaan UNIS | Tersedia - Indonesia |
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | Nurina Ardianti |
Pengarang | Nurina Ardianti - Personal Name |
Edisi | Publish |
No. Panggil | REF AI2107301 NUR p |
Subyek | Motivasi Belajar Pembelajaran Daring |
Klasifikasi | AI2107301 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit | 2021 |
Tempat Terbit | |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |