Detail Cantuman

Pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTS Al-Hidayah Sangiang Kota Tangerang

Pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTS Al-Hidayah Sangiang Kota Tangerang


Penelitian ini dilakukan di MTS Al Hidayah Sangiang Kabupaten Tangerang,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) Adanya pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang,
(2) Besarnya pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian adalah
peserta didik kelas VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
lapangan atau kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi product momen
adalah untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta, dan informasi yang
berkaitan dengan varibel yang menjadi pembahasan pembahasan penelitian (X dan
Y). Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuisoner) dimana
untuk variabel X sebanyak 10 item pertanyaan dan variabel Y sebanyak 10 item
pertanyaan.
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh realibilitas terdapat pengaruh
pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota
Tangerang koefisien korelasi sebesar 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19%
yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas
VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang. Berdasarkan analisis data dengan
taraf signifikasi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,392 > 2,682. Dengan demikian
hipotesis Ha yang menyatakan bahwa pembelajaran daring masa pandemi covid 19
terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas
VIII MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho
Menyatakan bahwa pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid 19 terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII
MTS Al Hidayah Sangiang Kota Tangerang ditolak.


SR008232REF TI2212009 DON pPerpustakaan UNISTersedia - Indonesia

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Nurina Ardianti
Pengarang Nurina Ardianti - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2107301 NUR p
Subyek Motivasi Belajar
Pembelajaran Daring
Klasifikasi AI2107301
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id