Pengaruh pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Al-Ijtihad 2 Kutabaru Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pembelajaran daring dapat motivasi belajar pendidikan agama Islam di
SMP Plus Al-Ijtihad. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif yaitu metode yang menggambarkan sebuah
fenomena di lapangan dengan pendekatan analisis data.
Instrument dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner
(angket) dan wawancara sebagai sumber datanya. Dan sampel yang digunakan
dalam penelitian menggunakan sistematik random sampling, yang mana
mengambil sampelnya diambil secara acak dan sesuai urutan, bisa dengan urutan
ganjil atau genap. Kemudian setelah mendapatkan jawaban data dari sampel, maka
dilakukan Analisa data yang merupakan bagian penting dalam mengkonversi
jawaban dari peelitian.
Dalam hasil analisa data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam
pembelajaran daring terhadap motivasi yang dimiliki oleh siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dapat dibuktikan dengan perhitungan korelasi
Product Moment yang hasilnya 0,557. Pada variabel X pembelajaran daring pada
masa pandemi Covid-19 dan variabel Y motivasi belajar siswa dalam mapel PAI
terdapat pengaruh antara variabel X dan Y korelasi sedang/cukup dalam interval
koefisien 0,40-0,599. Jadi dapat disimpulkan pengaruh pembelajaran daring
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 31,0% dan
selebihnya 72,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang mungkin dari faktor lingkungan
keluarga, lingkungan antara teman-temannya dan lain sebagainya.
Detail Information