Hubungan persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Yaspih Rajeg Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang
Untuk mengetahui lebih jauh persepsi siswa terutama dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Yaspih Rajeg
Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang.
Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Yaspih Rajeg Kecamatan Rajeg
Kabupaten Tangerang.
Skripsi ini adalah hasil penelitian Kuantitafi untuk menguji hipotesisnya apakah
persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam Kelas VIII Di SMP Yaspih Rajeg Kecamatan Rajeg Kabupaten
Tangerang sejauh mana siswa-siswi termotivasi dengan Pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Data penelitian dihimpun melalui angket yang disebarkan kepada
siswa dan siswi kelas VIII selanjutnya dianalisis menggunakan statistic regresi
linier sederhana dengan hitungan manual.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui korelasi, untuk
mengetahui persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis
regresi linier sederhana dan uji t. jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62
siswa-siswi kelas Viii. Untuk pengujian analisis data menggunakan uji validitas,
reliabilitas, normalitas, linieritas regresi, regresi linier sederhana, dan uji t.
Hasil perhitungan uji t pada tingkat signifikasi diperoleh Thitung > Ttabel
yaitu 4,096 > 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis nol (Ho) yang
menyatakan tidak adanya hubungan persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa
ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan
persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa diterima. Hasil analisis regresi lineir
sederhana didapatkan persamaan y = 17,82 + 0,54 X. Dari persamaan tersebut
diketahui koefisien regresi persepsi siswa dengan motivasi belajar siswa memiliki
tanda yang positif, sehingga memiliki hubungan yang positif antara persepsi siswa
dengan motivasi belajar siswa.Dengan melihat hasil koefisien diterminasi (r
square) sebesar 0,54 yang artinya variabel persepsi siswa mampu meningkatkan
motivasi belajar siswa sebesar 71% dipengaruhi oleh faktor lain.
SR008232 | REF TI2212009 DON p | Perpustakaan UNIS | Tersedia - Indonesia |
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | Khamelia |
Pengarang | Khamelia - Personal Name |
Edisi | Publish |
No. Panggil | REF AI2105601 KHA h |
Subyek | Pendidikan Agama Islam Motivasi Belajar |
Klasifikasi | AI2105601 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit | 2021 |
Tempat Terbit | |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |