Pengaruh implementasi digital marketing, online consumer review, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk (Studi pada pembelian produk kue secara online di Macarvn.id Kabupaten Tangerang)
Bisnis online menjadi suatu aktivitas yang sangat diminati selama terjadinya Pandemi Covid-19 ini
dengan maksud untuk memperoleh laba yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perorangan dan dapat
disebut sebagai pelaku usaha. Dalam penelitian ini, pelaku usaha pada toko online Macarvn.id
berinovasi melalui kegiatan pemasaran dengan menggunakan digital marketing pada media sosial yang
dinilai mampu menarik konsumen secara cepat dan tepat, terlebih dengan adanya online consumer
review atau OCR yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian
produk yang ditawarkan pada toko online Macarvn.id. Metode yang dilakukan pada penelitian ini ialah
penelitian Kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner yang diberikan secara online kepada
customer Macarvn.id. Hasil pada penelitian ini melalui perhitungan dengan uji t menunjukkan bahwa
36% memiliki pengaruh dari implementasi digital marketing yang dilakukan toko online Macarvn.id,
39% memiliki pengaruh dari kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk, akan tetapi
9,2% tidak memiliki pengaruh dari online consumer review atau OCR terhadap keputusan pembelian
dikarenakan konsumen tidak mengutamakan OCR sebagai cara untuk meningkatkan keputusan
pembelian produk. Berdasarkan perhitungan dengan uji F menunjukan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan dari implementasi digital marketing, online consumer review (OCR) dan kepercayaan
konsumen terhadap keputusan pembelian produk di toko online Macarvn.id dengan hasil pengujian
hipotesis nilai F hitung sebesar 32,889 dan nilai F tabel sebesar 2,73 maka dapat disimpulkan bahwa
H0 ditolak dan H1 diterima dengan nilai sebesar 32,889 > 2,73.
Detail Information