Hubungan antara intensitas pembinaan dan kecerdasan spiritual dengan kompetensi kepribadian pengawas sekolah di Kota Tangerang
Hubungan antara Intensitas Pembinaan Dan
Kecerdasan Spiritual Dengan Kompetensi Kepribadian Pengawas Sekolah di Kota
Tangerang, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang dapat
dianalisis terkait dengan ; hubungan intensitas pembinaan dengan kompetensi
kompetensi kepribadian pengawas sekolah, hubungan kecerdasan spiritual dengan
kepribadian pengawas sekolah, serta hubungan intensitas pembinaan dan beban
kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan kompetensi kepribadian
pengawas sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Tangerang, dengan
menggunakan metode survei model korelasional. Populasi penelitian ini adalah
para pengawas sekolah di Kota Tangerang yang berjumlah 60 orang. Penetapan
sampel penelitian digunakan dengan prinsip sampel total atau jenuh sehingga
jumlah sampel 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang
ketiga variabel di atas. Instrumen divalidasi menggunakan analisis butir,
sedangkan reliabilitas instrumen diukur menggunakan rumus perhitungan varians.
Analisis data menggunakan teknik analisis statistik korelasi dan regresi sederhana
serta korelasi dan regresi berganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf
signifikan 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif
yang signifikan intensitas pembinaan dengan kompetensi kepribadian pengawas
sekolah di Kota Tangerang, dengan koefisien korelasi ry.1 = 0,932 > rtabel (rtabel = 0,250
pada α = 0,05 dan rtabel = 0,294 pada α = 0,01). (2) Terdapat hubungan positif yang
signifikan kecerdasan spiritual dengan kompetensi kepribadian pengawas sekolah
di Kota Tangerang dengan koefisien korelasi ry.1 = 0,795 > rtabel (rtabel = 0,250 pada
α = 0,05 dan rtabel = 0,294 pada α = 0,01). (3) Terdapat hubungan positif yang
signifikan intensitas pembinaan dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama
dengan kompetensi kepribadian pengawas sekolah di Kota Tangerang dengan
koefisien korelasi ry.1 = 0,950 > rtabel (rtabel = 0,250 pada α = 0,05 dan rtabel = 0,294
pada α = 0,01).
Detail Information