Pengaruh kecerdasan emosional dan berfikir logis terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah atas kelas XI Negri 3 Kabupaten Tangerang
Hasil belajar merupakan suatu ukuran berhasil atau tidaknya seorang siswa
setelah mendapatkan pelajaran disekolah. Untuk mendapatkan hasil sesuai dengan
yang diinginkan siswa harus melakukan suatu proses pembelajan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan
berfikir logis terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Kabupaten Tangerang
dengan jumlah sampel sebanyak 120 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan
nilai t- hitung = 3,722 > t- tabel = 1,6579. (2) terdapat pengaruh positif berpikir
logis terhadap hasil belajar dengan nilai t- hitung= 2,947 > t- tabel = 1,6579. (3)
terdapat pengaruh signifikan secara bersama sama antara kecerdasan emosional
dan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa dengan nilai P value sebesar 0.000
< 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada penelitian
selanjutnya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ria Amaliah |
Pengarang |
Ria Amaliah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK2104408 RIA p |
Subyek |
Hasil Belajar Kecerdasan Emosional Berfikir Logis
|
Klasifikasi |
EK2104408 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|