Peran keluarga dan sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS Sekolah menengah Atas Negeri 20 Kabupaten Tangerang Tahun 2020/2021)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dan sekolah dalam
penguatan pendidikan karakter siswa kelas XI IPS Sekolah menengah atas Negeri
20 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan
dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data
diperoleh melalui triangulasi selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan
cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa (1) Peran orang tua dalam penguatan pendidikan karakter
siswa kelas IX IPS di SMAN 20 Kab.Tangerang yang pertama sebagai pemimpin
dalam keluarga, kedua teladan, ketiga motivator dirumah dan keempat penasehat.
(2) Peran sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa kelas IX IPS di
SMAN 20 Kab.Tangerang yang pertama mendidik, kedua memberi teladan,
ketiga fasilitator, dan keempat evaluator. (3) Upaya yang dapat dilakukan
Keluarga dan sekolah dalam penguatan pendidikan karakter ini adalah dengan
adanya komunikasi atau kerja sama.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Paidatul Aspiah |
Pengarang |
Paidatul Aspiah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK2102208 PAI p |
Subyek |
Peran keluarga peran sekolah Penguatan pendidikan karakter siswa
|
Klasifikasi |
EK2102208 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|