Pengaruh sumberdaya manusia dan infrastruktur sekolah terhadap prestasi belajar yang di mediasi literasi digital siswa/i SMAN 5 Kabupaten Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan antara
sumber daya manusia, infrastruktur sekolah terhadap prestasi belajar yang dimediasi
literasi digital dan variabel kontrol sosio ekonomi siswa/i di SMAN 5 Kab. Tangerang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
menggunakan analisis path. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh
terhadap 134 siswa/i. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dengan media
google form,skala likert dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif untuk mengetahui mean, median. Adapun hipotesis pertama dari hasil
uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sumber daya manusia dan infrastruktur
terhadap literasi digital secara simultan dengan nilai signifikasinya sebesar 0,00 < 0,05.
uji F hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh sumber daya manusia
dan infrastruktur terhadap prestasi belajar secara simultan dengan nilai signifikasi sebesar
0,218 > 0,05. uji F hipotesis ketiga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh literasi
digital terhadap prestasi belajar secara parsial dengan nilai signifikasi sebesar 0,811 >
0,05. uji F hipotesis keempat menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara sumber
daya manusia dan infrastruktur terhadap prestasi akademik yang dimediasi oleh literasi
digital siswa dengan variable kontrol sosio ekonomi keluarga dengan nilai signifikasi
sebesar 0,173 > 0,05.
Detail Information