Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran daring di SMA (Survey siswa SMA Syekh Yusuf Kota Tangerang tahun ajaran) 2020/2021
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
kesiapan siswa, kesiapan guru, dan kesiapan sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran
daring di SMA Syekh Yusuf Tangerang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini
mengunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode analisis regresi linier
berganda. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan peyebaran, angket
dan wawancara. Sampel penelitian yang digunakan menggunakan sampel jenuh atau
sensus dimana semua anggota populasi dijadikan sampel, sedangkan sampel yang masuk
pada peyebaran angket melalui google form berjumlah 75 responden. Variabel pada
penelitian ini terdiri dari kesiapan siswa, kesiapan guru, kesiapan sekolah sebagai variabel
bebas, dan pelaksanaan pembelajaran daring sebagai variabel terikat. Kesiapan siswa,
kesiapan guru , kesiapan sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran daring di ukur dengan
sebaran angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan metode
analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa,
guru dan sekola siap melaksanakan pembelajaran daing. Akan tetapi untuk kesiapan
siswa masih memerlukan peningkatan, kesiapan sekolah yang dihasilkan pun
berpengaruh positif akan tetapi memerlukan peningkatan-peningkatan dalam
menghadapai pelaksanaan pembelajaran daring. Sedangkan untuk kesiapan guru
berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran daring hal ini ditunjukan bahwa hampir
semua guru memiliki sarana digital dan relatif lebih berpengalaman dalam melaksanakan
pembelajaran daring.
Detail Information