Pengaruh persepsi harga, pengetahuan produk, dan kemudahan berbelanja terhadap keputusan pembelian secara online (Survei pada Mahasiswa Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang)
Keputusan pembelian secara online merupakan perilaku masyarakat dalam mengevaluasi
hingga memutuskan untuk memilih salah satu dari alternative tersebut untuk melakukan
pembelian produk melalui e-commerce. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
apakah persepsi harga, pengetahuan produk dan kemudahan berbelanja berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online baik secara parsial
maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif korelasional kausalitas. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa
Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Pengambilan sampel pada penelitian ini
sebanyak 98 responden, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random
sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat
menggunakan google form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini
yakni 1) secara parsial persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian secara online,
2) secara parsial pengetahuan produk tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online,
3) secara
parsial kemudahan berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian secara online. Sedangkan secara simultan persepsi harga, pengetahuan produk,
dan kemudahan berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian secara online.
Detail Information