Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar ekonomi kelas XI (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas PGRI Sindang Sono)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Di SMA PGRI Sindang Sono. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian yang
digunakan adalah studi hunbungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, kuesioner
(angket) dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 siswa kelas XI Pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan antara
lingkungan keluarga (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien regresi
sederhana (r) sebesar 0,232. Koefisien Determinasi (R2
) pada penelitian ini menunjukkan
kontribusi pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 26,6% sedangkan
sisanya (100-26,6) =73,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan perhitungan regresi
linier sederhana diperoleh nilai koefisien regresi variabel lingkungan keluarga (X) yaitu 0,232.
Ini berarti bahwa setiap peningkatan lingkungan keluarga sebesar 1, maka motivasi siswa akan
meningkat sebesar 0,232.
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | Iwan Rosadi |
Pengarang | Iwan Rosadi - Personal Name |
Edisi | Publish |
No. Panggil | REF EK2103908 IWA p |
Subyek | Motivasi Belajar Lingkungan Keluarga |
Klasifikasi | EK2103908 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit | 2021 |
Tempat Terbit | |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |