Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing pada usaha mikro, kecil dan menengah (Studi pada UMKM Batik Tehyan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan UMKM
Batik Tehyan dalam meningkatkan daya saing, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman UMKM Batik Tehyan untuk meningkatkan daya saing, dan
mengetahui efektivitas strategi pemasaran UMKM Batik Tehyan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini mengunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
terknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
menggunakan metode analisis SWOT dengan alat bantu analisis berupa matriks IFE,
matriks EFE, matriks SWOT dan diagram SWOT.
Hasil dari penelitian UMKM Batik Tehyan sudah cukup efektif dalam memasarkan
produknya, karena dilihat dari penerapan strategi pemasaran UMKM Batik Tehyan
menunjukkan posisi pada kuadran I dimana strategi yang dihasilkan yaitu strategi SO
(Strength- Opportunity) yang memiliki kekuatan dan peluang untuk terus memperluas
dan meraih kemajuan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Firli Febriyanti |
Pengarang |
Firli Febriyanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK2101308 FIR a |
Subyek |
Bauran Pemasaran UMKM Analisis SWOT Daya Saing
|
Klasifikasi |
EK2101308 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|