Implementasi program Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat pada Kantor Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang
Judul skripsi ialah Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online
Rakyat (LAPOR) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada
Kantor Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Yang bertujuan
untuk mengetahui Implementasi Program LAPOR Pada Kantor Kecamatan
Teluknaga Kabupaten Tangerang.Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun
Informan utama dalam Penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan, Operator
Program LAPOR, Staf Kepegawaian, Staf Trantibum dan 13 orang warga
perwakilan dari masing-masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Teluknaga
sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
Implementasi Program LAPOR Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang dilihat
dalam Indikator: (a) komunikasi, yang menunjukkan dari sosialisasi yang
disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung terkait program LAPOR.
(b) Sumber Daya, yang menunjukkan Kantor Kecamatan Teluknaga menyediakan
fasilitas komputer/laptop, jaringan internet, printer dan ruangan berAc dan sumber
daya aparatur yang bertindak sebagai operator program LAPOR. (c) Diposisi, yang
menunjukkan bahwa Kantor Kecamatan Teluknaga telah melakukan tugasnya
dalam menerima dan menindaklanjuti laporan yang masuk dengan baik. (d)
Struktur Birokrasi, yang menunjukkan bahwa dalam implementasi program
LAPOR sudah jelas dengan SOP yang berlaku. Adapun hambatan dari pelaksanaan
program LAPOR adalah terkait Aplikasi yang sering terganggu/eror, kurang
meratanya sosialisasi yang diberikan hingga menyebabkan masyarakat kurang
mengetahui adanya penerapan layanan ini di Kecamatan Teluknaga.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Abdul Roji |
Pengarang |
Abdul Roji - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2106305 ABD i |
Subyek |
Implementasi Pelayanan Publik Program LAPOR
|
Klasifikasi |
AN2106305 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|