Dampak proses belajar mengajar, kompetensi dosen dan kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa program studi manajemen Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengkaji dampak proses belajar
mengajar, kompetensi dosen dan kualitas pelayana akademik terhadap kepuasan
mahasiswa prodi manajemen Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa manajemen
semester 8 Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Sampel yang digunakan
sebagai objek penelitian ini yaitu 75 responden. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan sampel acak (random sampling). Pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui kuesioner atau angket. Penelitian menggunakan
metode kuantitatif dengan teknis analisis data Uji validitas, uji reliabilitas, uji
asumsi klasik, uji analsisi regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item pernyataan/pertanyaan adalah
valid dan reliable. Dalam uji t menunjukkan bahwa variabel proses belajar mengajar
dan kualitas pelayanan akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
mahasiswa namun untuk variabel kompetensi dosen tidak berpengaruh terhadap
kepuasan mahasiswa. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa dalam uji F
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka artinya variabel bebas yaitu Proses Belajar
Mengajar, Kompetensi Dosen dan Kualitas Pelayanan Akademik secara
bersamasama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Pada
penelitian ini variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 48,8% dan sisanya
51,2%% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain.
Detail Information