Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Nurul Falah Sangiang Kota Tangerang tahun ajaran 2020-2021
Peneliti ini dilakukan di MTs Nurul Falah Sangiang Kota Tangerang, penelitian
yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment
terhadap motivasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi
adalah para peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 54 sampel dari 110
populasi maka peneliti menggunakan metode sampel total. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Sedangkan penelitian ini
menggunakan rumus kolerasi product momen adalah untuk memperoleh atau
mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan variabel yang
menjadi pembahasan penelitian (X dan Y). Sedangkan instrument penelitian ini
menggunakan angket (Quesioner) dimana untuk variable X ssebanyak 10 item
pertanyaan dan variabel Y masing-masing 10 item pertanyaan. Berdasarkan hasil
uji coba diperoleh realibitas terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap
motivasi reward. Koefisen kolerasi sebesar 0,66 dan koefisien determinasi
sebanyak 43,56% yang berarti terdapat pengaruh pemberian reward dan
punishment terhadap motivasi belajar peserta didiki. Dengan pembuktian
lebih besar dari ( 6,3350 > 2,0066 ). Dengan demikian Ha yang menyatakan
pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi peserta didik
peserta didik di MTs Nurul Falah Sangiang Kota Tangerang diterima dan hipotesis
Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian reward
dan punishment terhadap motivasi peserta didik di MTs Nurul Falah Sangiang Kota
Tangerang.
Detail Information