Pengaruh aktivitas guru terhadap hasil belajar peserta didik masa pandemi covid-19 mata pelajaran PAI kelas VIII di MTs Hudaatul Umam Pasar Kemis Kabupaten Tangerang
Pengaruh aktivitas guru sangatlah penting untuk hasil belajar peserta didik,
apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, seorang guru harus sudah
terbiasa dengan teknologi karena kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara
tatap muka, tetapi menggunakan metode daring maupun luring. Pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di masa pandemi seperti sekarang tidak bisa bertatap
muka, maka dari itu, aktivitas guru PAI haruslah kreatif dan inovatif dalam
pembelajaran.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1)
Untuk mengetahui aktivitas guru dimasa pandemi Covid-19 di MTs Hudaatul
Umam Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar
Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid-19 kelas VIII MTs Hudaatul Umam
Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan
aktivitas guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Hudaatul
Umam Pasar Kemis Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis
datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan perhitungan
manual. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket
(kuesioner). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
random sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 78 siswa. Dan ukuran
sampel yang diambil 64% dari jumlah populasi, yaitu 50 siswa.
Berdasarkan hasil uji coba penelitian tersebut terdapat pengaruh yang positif
dengan adanya aktivitas guru terhadap hasil belajar peserta didik pengaruhnya
dalam taraf kuat. Dengan perhitungan koefisien determinasi dengan kontribusi
sebesar 0,62% berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan 38% hasil
belajar peserta didik di pengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Detail Information