Detail Cantuman

Pembentukan kepribadian holistik peserta didik melalui pendidikan karakter di SMPIT Almadany Parung Panjang Kabupaten Bogor

Pembentukan kepribadian holistik peserta didik melalui pendidikan karakter di SMPIT Almadany Parung Panjang Kabupaten Bogor


Implementasi pendidikan karakter di Indonesia melalui lembaga
pendidikan dilaksanakan dengan adanya budaya sekolah (school culture) dan
habituasi yang terlaksana dengan baik apabila didukung oleh peran aktif dari
seluruh satuan pendidikan. Pendidikan karakter adalah sebuah jawaban yang
selama ini ditunggu-tunggu dan dinanti-nanti. Adanya pendidikan karakter
berfungsi untuk memperbaiki moral dan akhlak generasi bangsa ini yang semakin
menurun menjadi pribadi yang utuh (holistik).
Permasalahan penelitiannya adalah 1) Bagaimana proses pengelolaan pendidikan
karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di SMPIT AlMadany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat? 2) Bagaimana
pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada peserta didik di SMPIT
Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat?
Tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk mengetahui mengenai proses pengelolaan
pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di
SMPIT Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat. 2) Untuk
mengetahui mengenai pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada
peserta didik di SMPIT Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat.
Metode penelitiannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan
dengan jenis deskriptif. Lokasinya di SMPIT Al-Madany Parung Panjang
Kabupaten Bogor Jawa Barat.Sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan
dokumen. Datanya primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data berupa
observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya
dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, sedangkan pengecekan
keabsahan datanya dengan menggunakan kredibilitas, tranferabilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian: 1) bentuk pengelolaan pendidikan karakter dikelola melalui
pendidikan yang terintegrasi dengan semua mata pelajaran dan visi misi sekolah.
2) pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada peserta didik melalui
kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan eksternal meliputi: mengadakan
kerjasama antara sekolah dan perguruan tinggi, orang tua wali, masyarakat,
membuat rencana sekolah berkarakter, sosialisasi, dan monitoring. Kegiatan
internal meliputi: melakukan pembiasaan setiap hari dan setiap saat kepada
peserta didik. Sedangkan kendala pengelolaan program pendidikan karakter
berupa kendala internal dan kendala eksternal.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Anggun Pranajati
Pengarang Anggun Pranajati - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2107901 ANG p
Subyek Pendidikan Karakter
Kepribadian Holistik
Klasifikasi AI2107901
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik xviii + 127 hlm.
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id