Pembentukan kepribadian holistik peserta didik melalui pendidikan karakter di SMPIT Almadany Parung Panjang Kabupaten Bogor
Implementasi pendidikan karakter di Indonesia melalui lembaga
pendidikan dilaksanakan dengan adanya budaya sekolah (school culture) dan
habituasi yang terlaksana dengan baik apabila didukung oleh peran aktif dari
seluruh satuan pendidikan. Pendidikan karakter adalah sebuah jawaban yang
selama ini ditunggu-tunggu dan dinanti-nanti. Adanya pendidikan karakter
berfungsi untuk memperbaiki moral dan akhlak generasi bangsa ini yang semakin
menurun menjadi pribadi yang utuh (holistik).
Permasalahan penelitiannya adalah 1) Bagaimana proses pengelolaan pendidikan
karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di SMPIT AlMadany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat? 2) Bagaimana
pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada peserta didik di SMPIT
Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat?
Tujuan penelitiannya adalah 1) Untuk mengetahui mengenai proses pengelolaan
pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik peserta didik di
SMPIT Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat. 2) Untuk
mengetahui mengenai pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada
peserta didik di SMPIT Al-Madany Parung Panjang Kabupaten Bogor Jawa Barat.
Metode penelitiannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan
dengan jenis deskriptif. Lokasinya di SMPIT Al-Madany Parung Panjang
Kabupaten Bogor Jawa Barat.Sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan
dokumen. Datanya primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data berupa
observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya
dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, sedangkan pengecekan
keabsahan datanya dengan menggunakan kredibilitas, tranferabilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian: 1) bentuk pengelolaan pendidikan karakter dikelola melalui
pendidikan yang terintegrasi dengan semua mata pelajaran dan visi misi sekolah.
2) pembentukan pribadi yang holistik dan berkarakter pada peserta didik melalui
kegiatan eksternal dan internal. Kegiatan eksternal meliputi: mengadakan
kerjasama antara sekolah dan perguruan tinggi, orang tua wali, masyarakat,
membuat rencana sekolah berkarakter, sosialisasi, dan monitoring. Kegiatan
internal meliputi: melakukan pembiasaan setiap hari dan setiap saat kepada
peserta didik. Sedangkan kendala pengelolaan program pendidikan karakter
berupa kendala internal dan kendala eksternal.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Anggun Pranajati |
Pengarang |
Anggun Pranajati - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2107901 ANG p |
Subyek |
Pendidikan Karakter Kepribadian Holistik
|
Klasifikasi |
AI2107901 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
xviii + 127 hlm. |
Info Detil Spesifik |
|