Detail Cantuman

Implementasi metode pembelajaran menghafal Al-qur’an pada santri putri tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kampung Kalijaya Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang

Implementasi metode pembelajaran menghafal Al-qur’an pada santri putri tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kampung Kalijaya Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang


Menghafal Al-Qur‟an adalah sebuah usaha untuk memudahkan umat Islam
dalam memahami, mengingat, mengamalkan isi-isi Al-Qur‟an dan untuk menjaga
kemurnian Al-Qur‟an. Menghafal 30 juz bukanlah hal yang mudah, akan tetapi
butuh pengorbanan, sabar dan konsisten dalam menghafalkannya. Metode
pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menentukan keberhasilan selama
proses pembelajaran menghafal Al-Qur‟an. Santri putri di Pondok Pesantren
Roudlotul Jannah menggunakan beberapa metode pembelajaran menghafal AlQur‟an yang telah ditetapkan.
Fokus penelitian yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi
metode pembelajaran menghafal Al-Qur‟an pada santri putri tahfidz Al-Qur‟an di
Pondok Pesantren Roudlotul Jannah, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi metode pembelajaran menghafal Al-Qur‟an pada santri putri di
Pondok Pesantren Roudlotul Jannah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kedua hal tersebut. Metode pengumpulan data yang dilakukan
yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data,
penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan
menginterpretasikan data-data yang ada untuk memberi gambaran kenyataan
sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode pembelajaran
menghafal Al-Qur‟an pada santri putri tahfidz Al-Qur‟an di Pondok Pesantren
Roudlotul Jannah ialah yang pertama yaitu bin nazhar artinya santri membaca
ayat-ayat secara berulang-ulang dengan cara melihat mushaf, kedua yaitu tahfidz
artinya santri mulai menghafal ayat-ayat yang sudah dibaca berulang-ulang
dengan cara melihat mushaf, ketiga yaitu talaqqi artinya santri menyetorkan
hafalan baru pada ustadzah Stania dan abi Ulya, keempat yaitu takrir artinya
santri disarankan mengulang-ulang hafalan yang telah disetorkan kepada ustadzah
Stania dan abi Ulya, dan yang kelima yaitu tasmi‟ artinya santri
memperdengarkan hafalan yang dimilikinya kepada orang lain baik itu secara
perorangan ataupun berjamaah. Faktor pendukung dalam implementasi metode
pembelajaran menghafal Al-Qur‟an pada santri putri yaitu terdapat bantuan
donatur, motivasi santri dalam menghafal, sistem pembelajaran menghafal,
mencari lokasi khusus untuk menghafal, konsisten menggunakan satu mushaf, dan
perbaiki bacaan. Sedangkan beberapa faktor penghambat dalam implementasi
metode pembelajaran menghafal Al-Qur‟an pada santri putri diantaranya sebagai
berikut, lupa dengan hafalan ayat yang sudah dihafal, gangguan dari lingkungan,
tidak membuat jadwal khusus untuk mengulang hafalan, tidak menguasai
makharijul huruf dan ilmu tajwid, tidak sabar dan tidak bersungguh-sungguh.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ayu Alwiyah
Pengarang Ayu Alwiyah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2106201 AYU i
Subyek Menghafal Al-Qur‟an
Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an
Klasifikasi AI2106201
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik xvi + 88 hlm.
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id