Pengaruh terpaan iklan pinjaman online terhadap minat pinjaman melalui perilaku konsumtif Guru Indonesia
ABSTRAK
Fenomena pinjaman online yang marak di masyarakat saat ini, khususnya
di kalangan guru, menjadi perhatian penting. Berdasarkan data dari OJK,
guru adalah kelompok yang paling rentan terjerat dalam masalah
pinjaman online. Berbagai faktor, baik dari lingkungan internal maupun
eksternal, berkontribusi pada kondisi ini. Iklan yang intens juga membuat
pinjaman online semakin dikenal sebagai alternatif keuangan yang cepat
dan mudah, meskipun memiliki risiko tinggi seperti gagal bayar dan suku
bunga yang besar. Penelitian ini didasarkan pada paradigma positivisme,
menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif.
Tujuannya adalah untuk mengkaji apakah terpaan iklan pinjaman online
memiliki pengaruh terhadap minat untuk meminjam, dengan
mempertimbangkan perilaku konsumtif sebagai variabel perantara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan
pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 100
guru yang tergabung dalam IGI, yang dipilih menggunakan teknik
purposive sampling. Selain data primer, penelitian ini juga menggunakan
data sekunder yang diperoleh dari jurnal, skripsi, dan buku yang relevan.
Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda dan
analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan
pinjaman online memiliki pengaruh signifikan terhadap minat untuk
meminjam melalui perilaku konsumtif. Pengaruh langsungnya negatif,
sebesar -0,089, sementara pengaruh tidak langsung melalui perilaku
konsumtif adalah positif, sebesar 0,2394. Ini menunjukkan bahwa
perilaku konsumtif memainkan peran penting dalam memediasi pengaruh
iklan terhadap minat pinjam.
Kata kunci: Terpaan Iklan, Pinjaman Online, Minat, Perilaku Konsumtif
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Vika devinta Sari 2001030140 |
Pengarang |
Vika Devinta Sari - Personal Name Faisal Tomi Saputra - Personal Name Ade Irfan Abdurahman - Personal Name Lina Wati - Personal Name Ari Suseno - Personal Name Mochammad Mirza - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF KM2414006 VIK p |
Subyek |
Pinjaman Online Terpaan Iklan Minat Perilaku Konsumtif
|
Klasifikasi |
KM2414006 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 133 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Faisal Tomi Saputra 0416038902 / Pembimbing 2 : Ade Irfan Abdurrahman 0419078904 / Penguji 1 : Lina Wati / Penguji 2 : Ari Suseno / Penguji 3 : Mochammad Mirza |