Pengaruh brand image, word of mouth, terhadap purchase intention dengan kualitas produk sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Brand Uniqlo)
Perkembangan fashion di Indonesia telah mendapati kemajuan yang pesat
dalam beberapa tahun terakhir. Semakin meningkatnya kebutuhan konsumen
terhadap fashion, meningkat pula kebutuhan konsumen akan fashion ini, diikuti
juga oleh terus berkembangnya bisnis fashion yang mengarah pada pesaing bisnis
yang sangat ketat terutama pada perusahaan retail yang memproduksi produk
yang sama salah satunya adalah produk pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis apakah brand image, word of mouth melalui kualitas produk sebagai
variabel intervening berpengaruh terhadap purchase intention oleh konsumen
Uniqlo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan
sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan jenis Insidental
sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah diambil dari
konsumen yang pernah melakukan kunjungan dan melakukan pembelian pada
produk Uniqlo. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
secara online dan terkumpul sebanyak 100 responden. Data tersebut diolah
dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan alat
uji statistik SmartPLS versi 3.0. hasil penelitian pada path coefficient
menunjukkan bahwa Brand Image (X1) tidak memiliki pengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap Purchase Intention (Y). Sementara variabel Word of Mouth
(X2) memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Purchase
Intention (Y). Lalu variabel Brand Image (X1) memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Kualitas Produk (Z). Variabel Word of Mouth (X2) memiliki
pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kualitas Produk (Z). Kemudian
variabel Kualitas Produk (Z) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Purchase Intention (Y). Selanjutnya pada analisis spesific indirect effect
menunjukkan bahwa Kualitas Produk (Z) sebagai variabel mediasi mampu
memediasi pengaruh antara Brand Image (X1) dan Word of Mouth (X2) terhadap
Purchase Intention (Y) oleh konsumen Uniqlo
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Indri Rahmawati 2006010079 |
Pengarang |
Indri Rahmawati - Personal Name Ria Kurniawati - Personal Name Hikmat - Personal Name Luthfi Nuraini - Personal Name Jamalus - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MJ2407903 IND p |
Subyek |
Brand Image Kualitas Produk Word of Mouth Purchase Intention
|
Klasifikasi |
MJ2407903 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 175 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1: Ria Kurniawati 0412019003/ Pembimbing 2: Jamalus 8840001019/ Penguji 1: Hikmat 8880780018 Penguji 2: Luthfi Nuraini 0409109202 penguji 3: Jamalus 8840001019 |