Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)
Dengan berkembangnya waktu dan teknologi kegiatan penjualan dan pembelian
melalui internet berkembang sangat pesat. Dengan perubahan perilaku manusia peluang
bisnis tercipta. Salah satunya adalah marketplace. Saat ini industri marketplace Indonesia
telah berkembang pesat, sehingga Indonesia memiliki banyak online marketplace (situs
jual beli online) seperti Shopee. Marketplace Shopee sebagai pelaku usaha harus
mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan mampu mengidentifikasikan perilaku
konsumen dalam melakukan suatu keputusan pembelian sehingga dapat memenangkan
persaingan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk,
harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Metodologi penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan
sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 25.
Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji
koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS Versi 25. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian di marketplace Shopee, 2) Harga secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee 3) Promosi secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee 4)
Kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian di marketplace Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada
marketplace Shopee, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3,130 dan nilai
signifikansi sebesar 0,002. Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian pada marketplace Shopee, hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung sebesar
5,278 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Promosi tidak berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, hal tersebut dibuktikan dengan
nilai thitung sebesar 0,398 dan nilai signifikansi sebesar 0,691.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Alfina Rahma Zulian 2006010040 |
Pengarang |
Alfina Rahma Zulian - Personal Name Wanda Yulia Utami - Personal Name Bambang Mardisentosa - Personal Name Aisyah Ratnasari - Personal Name Verawati Fajrin - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MJ2404003 ALF p |
Subyek |
Harga Pengaruh Kualitas Produk Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.
|
Klasifikasi |
MJ2404003 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 126 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1: Aisyah Ratnasari 0420047202/ Pembimbing 2: Wanda Yulia Utami 0413019420/ Penguji 1: Bambang Mardisentosa 0026066115 Penguji 2:Verawati Fajrin 0415019201 penguji 3: Aisyah Ratnasari 0420047202 |