Evaluasi kebijakan tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya studi pada guru tk/paud formal di dinas pendidikan Kota Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Evaluasi Kebijakan Tentang
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Studi Pada Guru TK/PAUD
Formal di Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Penelitian ini dilatarbelakangi
sistem kenaikan pangkat guru berbeda dari tahun sebelumnya. Penelitian ini
menggunakan teori evaluasi kebijakan Dunn. Kriteria-kriteria untuk mengevaluasi
kebijakan publik, diantaranya: (1) efektivitas (effectiveness); (2) efisiensi
(efficiency); (3) kecukupan (adequacy); (4) perataan (alignment); (5) responsivitas
(responsiveness); dan (6) ketepatan (accuracy). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, teknik pengumpulan data melalui
wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive
sampling. Analisis data dilakukan secara interactive model dari Miles dan
Huberman melalui teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian (1) Efektivitas berdasarkan kriteria tujuan dan pencapaian
target berjalan cukup baik; Efektivitas berdasarkan pelaksanaan kegiatan dalam
implementasinya sudah terlaksana sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku; (2)
Efisiensi kebijakan berdasarkan ketepatan waktu pelaksanaan berjalan efisien dan
dilaksanakan dengan tepat; efsiensi berdasarkan kecepatan berjalan sesuai dengan
harapan menghasilkan kuantitas dan kualitas guru yang sesuai dengan harapan,
meski untuk mengajukan permohonan kenaikan pangkat, tentunya ada sejumlah
syarat dokumen dan penilaian yang harus dipenuhi; (3) Kecukupan berdasarkan
tingkat kepuasan hasilnya telah membawa perubahan kondisi yang baik dan
memuaskan; (4) Perataan berdasarkan jenis manfaat hasilnya membawa
perubahan positif dengan peluang pengembangan karier guru; kriteria perataan
output yang dihasilkan berjalan sesuai aturan sehingga lebih merata dan
berkeadilan. (5) Kriteria responsivitas memberikan hasil yang baik serta
kemudahan mengingat kebijakan yang dibuat menginginkan adanya suatu manfaat
yang dapat memberikan kontribusi baik terutama pada target yang ingin dicapai
dengan cara memberikan pelayanan informasi atau melalui sosialisasi; (6)
Ketanggapan dalam prosesnya berjalan sesuai dengan aturan dan outputnya
menghasilkan kualitas guru yang baik. Kemudahan dan ketanggapan terhadap
pelaksanaan kebijakan dinilai cukup baik, sekalipun akses pemenuhan dalam
proses pelaksanaannya kurang dapat terealisasi secara menyeluruh dikarenakan
berbagai faktor terutama mengenai kelengkapan persyaratan guru; (7) Ketepatan
merujuk pada nilai dari tujuan program kebijakan. Mengacu pada standar
operasional pelaksanaannya bahwa pembagian peran dan tanggung jawab atas
kebijakan Permenpan disosialisasikan untuk mempermudah dan mempercepat
penyampaian informasi kepada para guru terutama yang telah layak memenuhi
kriteria atau kualifikasi dalam kenaikan pangkat. Sementara kriteria tepat tujuan
dan manfaat, membawa dampak perubahan yang positif khususnya bagi para
guru. Kebijakan memiliki tujuan terutama dalam mengatur kenaikan jabatan
fungsional guru di lingkungan Pemkot Tangerang
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Anwar Nasihin 2107010021 |
Pengarang |
Anwar Nasihin - Personal Name Erialdy - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name Muhammad Athar Ismail - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MIA2402113 ANW e |
Subyek |
Evaluasi Kebijakan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit
|
Klasifikasi |
MIA2402113 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Pascasarjana / Admin Negara |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 155 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1: Dafyar Eliadi Hardian 8962880024/ Pembimbing 2: Muhammad Athar Ismail 8815760018/ Penguji 1: Erialdy/ Penguji 2: Dafyar Eliadi Hardian 8962880024/ penguji 3: Muhammad Athar Ismail 8815760018 |