Detail Cantuman

PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TANGERANG MAUK KABUPATEN TANGERANG

PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TANGERANG MAUK KABUPATEN TANGERANG


PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR
PESERTA DIDIL MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS X DI
MAN 3 TANGERANG MAUK KABUPATEN TANGERANG
Salah satau faktor keberhasilan pendidikan dilihat dari bagaimana cara mengajar
guru. Permasalahan yang terjadi di MAN 3 Tangerang Mauk Kabupaten Tangerang
yakni beberapa guru kurang memperhatikan variasi gaya mengajar sehingga proses
pembelajaran cenderung monoton. Pelaksanaan metode mengajar yang monoton
membuat peserta didik mudah bosan dan kehilangan minat belajar. Berdasarkan hal
tersebeut, guru hendaknya melakukan variasi gaya mengajar agar terwujud situasi
belajar yang menyenakan sehingga minat belajar peserta didik meningkat.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya
pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 3 Tangerang Mauk Kabupaten Tangerang.
Dengan jumlah sampel sebanyak 114 dari 159 populasi kelas X (4,7,8,9,10).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
lapangan, dalam pengumpulan data menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan
menggunakan pendekatan deskriptif serta Teknik pengambilan sampel
menggunakan random sampling. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi
product moment untuk memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi
yang berkaitan dengan variabel yang menjadi pembahasan penelitian (X dan Y).
Instrument penelitian ini menggunakan angket (Kuesioner) dimana untuk variabel
X sebanyak 10 item pernyataan dan variabel Y masing-masing 10 item pernyataan.
Berdasarkan hasil uji coba diperoleh reliabilitas terdapat pengaruh gaya mengajar
guru terhadap minat belajar peserta didik dibuktikan dengan perhitungan korelasi
spearman rank yang diperoleh hasilnya 0,92 dan koefisien determinasi sebanyak
84,64% yang berarti terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar
peserta didik pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 3 Tangerang Mauk
Kabupaten Tangerang. Dengan pembuktian bahwa t hitung lebih besar dari t tabel
(24,844 > 1,658573). Dengan demikian ????
????
yang menyatakan pengaruh gaya
mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadis di MAN 3 Tangerang Mauk Kabupaten Tangerang diterima dan hipotesis ????
0
ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara gaya mengajar guru
terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN
3 Tangerang Mauk Kabupaten Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab TRI SATRIO UTOMO 2003020151
Pengarang TRI SATRIO UTOMO - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Ariesta Setyawati - Personal Name
Faiz Fikri Al Fahmi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2415101 TRI p
Subyek Gaya Mengajar, Minat Belajar, Al-Qur’an Hadis.
Klasifikasi AI2415101
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xii 12+ hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : AHMAD HAROMAINI 0411078204 / Pembimbing 2 NUR HALIMAH 0412029003 / Penguji 1 : KARMAWAN 2003037001 / Penguji 2 : FAIZ FIKRI AL FAHMI 04100890101 / Penguji 3 : ARIESTA SETYAWTI 0421079201

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id