Detail Cantuman

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI PONDOK PESANTREN NUR ANTIKA KECAMATAN TIGARAKSA

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI PONDOK PESANTREN NUR ANTIKA KECAMATAN TIGARAKSA


Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar
Santri Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Pondok Pesantren
Nur Antika Kecamatan Tigaraksa
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran
demonstrasi terhadap motivasi belajar santri pada mata pelajaran Akidah
Akhlak di Pondok Pesantren Nur Antika Kecamatan Tigaraksa Kabupaten
Tangerang. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menilai ada
tidaknya pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar santri, dan
2) Mengukur seberapa besar pengaruh metode pembelajaran demonstrasi
terhadap motivasi belajar santri dalam mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey
research. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan angket yang mengukur
motivasi belajar santri sebelum dan setelah penerapan metode demonstrasi.
Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan koefisien korelasi dan uji
t. Koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,612 dengan interpretasi hubungan
kuat (0,60-0,799). Uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 8,158, sedangkan t
tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,981. Hasil analisis menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran
demonstrasi terhadap motivasi belajar santri. Dengan koefisien korelasi yang
menunjukkan hubungan kuat dan nilai uji t yang lebih besar dari t tabel,
hipotesis bahwa metode demonstrasi meningkatkan motivasi belajar santri
diterima. Yang artimya metode pembelajaran demonstrasi memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap motivasi belajar santri pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di Pondok Pesantren Nur Antika. Penelitian ini
merekomendasikan penggunaan metode demonstrasi sebagai strategi efektif
untuk meningkatkan motivasi belajar santri di lingkungan pendidikan
pesantren.
Kata Kunci: Metode, Demonstrasi, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fariz Aulia Rochman: 2003020084
Pengarang Fariz Aulia Rochaman - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Siti Nurislamiah - Personal Name
muhamad mas hud - Personal Name
ariest setyawati - Personal Name
fariz fikri al fahmi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2408401 FAR P
Subyek Akidah Akhlak
: Metode
Demonstrasi, Motivasi Belajar,
Klasifikasi AI2408401
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix +32 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 : Siti Nurislamiah 040439203 / Penguji 1 : Muhmaad Mass Hud 0403108703 / Penguji 2 Fariz Fikri Al Fahmi 04100899101 / Penguji 3 : Ariesta Setyawati 0410089101

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id