Rancang bangun aplikasi edukatif interaktif untuk anak-anak menggunakan augmented reality
Pendidikan anak dengan metode konvensional masih banyak diterapkan di
Indonesia, di mana pengajaran berpusat pada guru sebagai sumber utama
pengetahuan. Metode pendidikan yang lebih kolaboratif dan mengintegrasikan
teknologi dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas anak-anak dalam
pembelajaran. Penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran anak SD
mendorong kreativitas dan rasa ingin tahu siswa. Mereka dapat belajar melalui
pengalaman nyata yang diperkaya dengan elemen digital, meningkatkan daya
tangkap konsep secara lebih efektif. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah
metode kualitatif, sementara untuk metode perancangan menggunakan metode
MDLC. Tujuan pembuatan aplikasi ini sebagai media pembelajaran dengan lebih
interaktif pada anak sekolah dasar. Hasil pengujian kualitas AR menggunakan
marker dapat terdeteksi pada jarak akmera antara 20cm hingga 100cm, dengan
sudut deteksi kamera berkisar 30 derajat hingga 150 derajat. Kemudian dilakukan
pengujian usabilitas menggunakan metode SEQ dengan melibatkan 10 orang
responden. Menurut pengalaman pengguna yang dievaluasi menggunakan metode
SEQ, hasil kuesioner menunjukkan bahwa aplikasi AR untuk bangun ruang sangar
mudah digunakan dengan skor 4.78 dari skala 5 yang mengukur kegunaannya.
Detail Information