Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI d i M AN 2 Kabupaten Tangerang
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament
Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI MAN
2 Kab. Tangerang
Model pembelajaran kooperatif yang berbasis kerja sama antar kelompok
dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif karena siswa terlibat
langsung dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa menjadi inovasi bagi guru
dalam melakukan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam yang dipelajari di Madrasah yang umumnya terdiri dari materi
mengenai kejadian-kejadian di masa lalu dalam perkembangan Islam dari masa
Nabi Muhammad Saw hingga perkembangan Islam di Indonesia dan dunia serta
memahami para tokoh- tokoh muslim.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh
dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games
Tournament) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas XI-B MAN 2 Kabupaten Tangerang, (2)
Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournament) pada siswa kelas IX-B Mad MAN 2 Kab Tangerang untuk
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif melalui
pendekatan kuantitatif yaitu dengan melewatkan beberapa pengujian dengan
menggunakan SPSS versi 25 dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner
(angket). Dan dalam penelitian ini responden berjumlah 95.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Adanya
pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) terhadap motivasi
belajar peserta didik di MAN 2 Kabupaten Tangerang yang berdasarkan dari hasil
uji regresi linear sederhana pada tabel Coefficients sebesar 0,759 dengan
signifikasi 0,000< 0,005. (2) Pengaruhnya termasuk kategori tingkat kuat , dilihat
dari hasil perhitungan uji korelasi sebesar 0,759. Adapun pengaruhnya sebesar
57,7%. dan sisanya sebesar 42,3%.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Muhammad Yoga Pratama 2003020096 |
Pengarang |
Muhammad Yoga Pratama - Personal Name Faiz Fikri Al Fahmi - Personal Name Neni Nuraeni - Personal Name Karmawan - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Nur Halimah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2409601 MUH e |
Subyek |
: Model Pembelajaran, TGT (Teams Games Tourn Motivasi Belajar
|
Klasifikasi |
AI2409601 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii +54 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 Faiz Fikri AL Fahmi 0410089101 / Pembimbing 2 : Neni Nuraeni 8881460018 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003 |