Detail Cantuman

Pengaruh Model Role Plying Terhadap Pengingkatkan Hasil Belajar Peserta DIDIK Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII DI MTS Daarul Hikmah Cimone Tangrang

Pengaruh Model Role Plying Terhadap Pengingkatkan Hasil Belajar Peserta DIDIK Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII DI MTS Daarul Hikmah Cimone Tangrang


“Pengaruh Model Role Playing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik
Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTS Daarul Hikmah Cimone
Tangerang”
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model role playing dalam meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak untuk siswa kelas VII di MTs Darul Hikmah
Cimone Tangerang. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan pengumpulan
data melalui hasil nilai dari soal pertanyaan yang disebarkan kepada 50 orang peserta didik.
Hasil penelitian ini menjelaskan penggunaan model Role Playing, yang sebelumnya
menggunakan model pengajaran konvensional seperti ceramah atau mendikte
menyebabkan siswa merasa bosan, lelah, kehilangan fokus, dan kurang tertarik dalam
belajar. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan kelompok pre-test posttest kontrol. Sampel terdiri dari dua kelas: satu kelas eksperimen menggunakan model role
playing dan satu kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil penelitian
menunjukkan sebelum menggunakan model Role Playing nilai rata-rata pre-test untuk
kelas eksperimen adalah 64,32 dan untuk kelas kontrol adalah 54,56. Kemudian setelah
penggunaan model Role Playing digunakan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen
adalah 86,56 dan untuk kelas kontrol adalah 83,52. Analisis statistik menunjukkan bahwa
siswa yang menggunakan model role playing memiliki peningkatan hasil belajar yang
signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan
demikian, model role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan
mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi
Akidah Akhlak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab PEARLMAN RAZIB MOHAMMAD 2003020043
Pengarang PEARLMAN RAZIB MOHAMMAD - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Faiz Fikri Al Fahmi - Personal Name
Neni Nuraeni - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
M Asep Rahmatullah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2404301 PEA p
Subyek Model Role Playing,
Akidah Akhlak,
, Peningkatan Hasil Belajar
Klasifikasi AI2404301
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiii +12 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 0419087402 / Pembimbing 2 : Faiz Fikri AL Fahmi 0410089101 / Penguji 1 Neni Nuraeni 8881460018 / Penguji 2 : M Asep Rahmatullah 041028903 / Penguji 3 : siti nurislamiah 0404039203

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id