Metode Pembelajaran Demotrasi Terhadap Belajar Peserta DIDIK Pada Mata Pembelajaran fiqih kelas x SMA AN-NUQHAH KOTA TANGRANG
Metode demonstrasi adalah cara penyampaian materi dengan mencontohkan atau
menirukan kepada peserta didik suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang
sedang dipelajari, baik nyata ataupun tiruan, yang turut disertai dengan penjelasan
lisan. Dengan penerapan metode demostrasi, proses penerimaan siswa terhadap
pelajaran atau materi akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk
pengertian dengan baik dan sempurna. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam
pembahasan skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui atau tidaknya pengaruh metode
demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di kelas X
SMA Islam An-Nuqthah Kota Tangerang. (2) Mengetahui seberapa besar nilainya
pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran fiqih di kelas X SMA Islam An-Nuqthah Kota Tangerang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan
dalam pengumpulan data penelitian menggunakan jenis kuantitatif dan
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Sededangkan penelitian
menggunakan rumus slovin. Instrument penelitian ini menggunakan angket
(kuesioner) dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik random sampling dengan populasi 150 dan mendapatkan
sampel 109. Dalam penelitian ini telah dibuktikan dengan uji determinasi dengan
menggunakan SPSS versi 25 pada tabel Uji R Squere yang menunjukan bahwa
metode demonstrasi berpengaruh sebesar 89% dalam hasil belajar peserta didik dan
11% nya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak di teliti oleh penulis. Dengan
demikian Ha yang menyatakan pengaruh metode pembelajaran demostrasi terhadap
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih Di SMA Islam An-Nuqhtah
Kota Tangerang diterima dan dan hipotesis Ho ditolak.
Detail Information