Pengelolaan komunikasi publik dalam pembuatan administrasi kependudukan (studi kasus Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Tangerang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan komunikasi publik
dalam perbaikan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang. Komunikasi publik
yang efektif merupakan elemen kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan
administrasi kependudukan, yang mencakup pembuatan KTP, KK, akta kelahiran,
dan dokumen terkait lainnya. Penelitian ini menggunakan teori model
perencanaan komunikasi Philp Lesly yang memiliki 8 aspek terdiri dari
Organisasi : Analisis & Riset, Perumusan kebijakan, Perencanaan Program
Kegiatan, Kegiatan Komunikasi. Publik : Umpan Balik, Evaluasi. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara, obeservasi,
dokumentasi, dan internet research.Data yang terkumpul kemudian di analisis
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa Pengelolaan komunikasi publik Dinas Administrasi
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang sudah
mengoptimalkan penyebaran komunikasi melalui media sosial, papan informasi,
dan layanan online. Dilihat dari Disdukcapil sudah mempunyai aplikasi SP4NLAPOR untuk keluhan masyarakat terkai Disdukcapil. Meskipun demikian,
terdapat kekurangan dalam Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan
strategi komunikasi, peningkatan pelatihan bagi petugas, dan penerapan sistem
informasi yang lebih terintegrasi untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi
pelayanan administrasi kependudukan.
Detail Information