Pengaruh personal branding Prabaowo Subianto terhadap keputusan memilih pada Pemilu 2024 ( survei pemilih pemula di Kota Tangerang )
Pemilihan umum menjadi momen krusial dalam sistem kedaulatan rakyat berbasis
demokrasi. Tahun 2024 menjadi tahun pemilu yang dilaksanakan bersamaan dengan
pemilihan presiden dan legislatif. Adanya tiga calon dalam persaingan pada pemilu
2024 ini yang salah satunya ialah pasangan calon nomor urut 02 yakni Prabowo
Subianto dan Gibrang Rakabuming Raka. Pada pemilu ini, Personal Branding yang
ditampilkan oleh calon presiden nomor urut 02 menarik banyak perhatian publik karena
Personal Branding nya yang berbeda dari pemilu sebelumnya terutama para pemilih
pemula. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Personal
Branding calon presiden Prabowo Subianto terhadap keputusan memilih para pemilih
pemula dalam pemilihan umum presiden 2024. Pendekatan yang dipakai dalam
penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif dengan paradigma positivisme. Metode yang
dipakai ialah metode survey berupa kuisioner yang disebarkan kepada pemilih pemula
dengan diambil sampel mencapai 100 responden dengan pendekatan non-probability
sampling serta analisis data memakai bantuan SPSS 27. Hasil penelitian mencerminkan
bahwasanya diperoleh nilai signifikansi dengan perolehan pengujian t bahwasanya
thitung > ttabel yakni mencapai 8,268 > 1,984 dengan tingkat signifikansi α = 5%.
Selain itu, didapat persamaan regresi linear sederhana Y = 10,007+0,679X yang
mencerminkan adanya pengaruh positif variabel X terhadap Y dengan perubahan nilai
variabel Y mencapai 0,679 setiap satu kali perubahan variabel X. Yang berarti terdapat
pengaruh pada Personal Branding terhadap keputusan memilih oleh pemilih pemula
pada pemilu 2024. Terdapat korelasi yang sedang yakni mencapai 41,4% antara
variabel X dan Y. Sedangkan sisanya 58,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti
Detail Information