Pengaruh hedonic shopping motivation, price discound dan shopping lifestyle terhadap online impulse buying pada marketplace (Shopee dan Tokopedia)
Marketplace adalah sebuah platform online yang mempertemukan penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Marketplace yang
bersaing ketat saat ini yaitu Shopee dan Tokopedia yang merupakan marketplace
dengan peningkatan jumlah pengunjung dan transaksi paling signifikan, kedua
marketplace ini mempunyai berbagai tempat untuk memfasilitasi pihak pengguna
dalam penggunaannya, seperti memiliki berbagai fasilitas tempat untuk
platformnya yang bisa diakses melalui website. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon harga, dan gaya
hidup berbelanja terhadap pembelian impulsif online di pasar. Hasil penelitian ini
merekomendasikan pengetahuan yang signifikan tentang bagaimana pembelian
impulsif online diciptakan melalui motivasi belanja hedonis, diskon harga, dan
gaya hidup berbelanja. penelitian ini menggunakan explanatory research
merupakan metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengetahui keterkaitan
variabel – variabel yang diteliti melalui uji hipotesis. Metode pada penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif melaui survey dan jumlah sampel 140
responden. Data diambil dan disebarluaskan melalui kuesioner kepada responden
yang pernah memakai marketplace Shopee dan Tokopedia. Analisis data
menggunakan uji PLS-SEM versi 4. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat hubungan dan pengaruh antara motivasi belanja hedonis, diskon harga,
dan gaya hidup berbelanja konsumen tentang bagaimana pembelian impulsif
online pada marketplace shopee dan tokopedia
Detail Information