Pengaruh motivasi konsumen, boycott motivation, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada produk Aqua (Studi kasus generasi Z Kota Tangerang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen,
motivasi boikot, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian produk air
minum dalam kemasan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara nonprobability sampling dengan menggunakan Teknik purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner seperti yang
dijelaskan pada Google form. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode analisis struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan
program PLS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi konsumen (X1) dan kesadaran
merek (X3) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian
(Y), sedangkan motivasi boikot (X2) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi positif konsumen
terhadap suatu produk, khususnya terkait kualitas, manfaat, dan nilai yang
ditawarkan, menjadi faktor penting yang mendorong konsumen untuk melakukan
pembelian. Selain itu, kesadaran merek yang tinggi juga berkontribusi signifikan
terhadap keputusan pembelian, menunjukkan bahwa konsumen cenderung memilih
produk yang sudah familiar dan dipercaya
Detail Information