Detail Cantuman

Hubungan keaktifan belajar, disiplin siswa dan sarana dan prasarana belajar dengan prestasi belajar

Hubungan keaktifan belajar, disiplin siswa dan sarana dan prasarana belajar dengan prestasi belajar


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan belajar,
disiplin siswa dan sarana-prasarana belajar dengan prestasi belajar siswa SMP
Negeri 19 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode survei dengan teknik korelasional. Penelitian dilaksanakan pada
SMP Negeri 19 Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian berjumlah 360 orang
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling
dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 80 orang siswa. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengujian persyaratan analisis meliputi
pengujian normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan yang
positif dan signifikan keaktifan belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y). Nilai
koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,784 dengan koefisien
determinasi diperoleh 0,614. Koefisien regresi keaktifan sebesar 0,296
ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 44,819 + 0,296X1 dengan nilai Fhitung =
124,055 > Ftabel = 3,96, yang berarti bahwa koefisien regresi tersebut sangat
signifikan. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin
siswa (X2) dengan prestasi belajar (Y). Nilai koefisien korelasi antara variabel
tersebut sebesar 0,617 dengan koefisien determinasi diperoleh 0,381. Koefisien
regresi sarana prasarana belajar sebesar 0,312 ditunjukkan dengan persamaan
regresi Ŷ = 48,548 + 0,312 X2 dengan nilai Fhitung = 48,070 > Ftabel = 3,96, yang
berarti koefisien regresi tersebut signifikan. Ketiga, terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara sarana prasarana belajar (X3) dengan prestasi belajar
(Y). Nilai koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,778 dengan
koefisien determinasi diperoleh 0,605. Koefisien regresi keaktifan sebesar 0,352
ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 43,194 + 0,352 X3 dengan nilai Fhitung
= 119.675 > Ftabel = 3,96, maka H0 di tolak yang berarti bahwa koefisien regresi
tersebut signifikan. Keempat, terdapat hubungan yang positif dan signifikan
keaktifan siswa (X1) dan disiplin siswa (X2) serta sarana prasarana belajar (X3)
secara bersama-sama dengan prestasi belajar (Y). Nilai koefisien korelasi antara
variabel tersebut sebesar 0,859 dengan koefisien determinasi diperoleh 0,739.
Persamaan regresi Ŷ = 33,970 + 0,161X1 + 0,059X2 + 0,194X3 dengan nilai Fhitung
= 71.544 > Ftabel = 3,97, maka H0 ditolak yang berarti bahwa koefisien regresi
ganda tersebut sangat signifikan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Marsum 2207010001
Pengarang Marsum - Personal Name
Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name
Edi Mulyadi - Personal Name
Hardjito S. Darmojo - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF MIA2400113 MAR h
Subyek Prestasi Belajar
Keaktifan belajar
Disiplin Siswa
SaranaPrasarana Belajar
Klasifikasi MIA2400113
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik viii, 199 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1: Hardjito S Darmojo 0410066502/ Pembimbing 2: Edi Mulyadi 8852760018/ Penguji 1: Dafyar Eliadi Hadian / Penguji 2: Edi Mulyadi/ Penguji 3: Hardjito S Darmojo

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id