Detail Cantuman

Pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Manshuriyah

Pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Manshuriyah


Kedisiplinan meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin
sikap. semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk
mengawas diri dalam meningkatkan budaya kinerja sehingga terciptanya etos kerja yang
baik, karena etos kerja memiliki peluang besar dalam keberhasilan kinerja. Sedangkan
hasil belajar perubahan yang berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan dan
sikap yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses kegiatan belajar guna
menjadi pedoman didalam hidupnya.
Adapun permasalahan pada penelitian ini: ―Apakah ada pengaruh antara
kedisiplinan kinerja guru Akidah Akhlak dengan hasil belajar mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang.
Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan
datanya menggunakan tehnik analisis data produck moment. Dengan populasi 135
sementara Sampel yang digunakan berjumlah 102 peserta didik pengambilan
sampel menggunakan tehnik random sampling dengan menggunakan rumus Issac.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode
dokumentasi.
Instrument penelitian ini menggunakan angket (Quisioner) dimana untuk
variabel X sebanyak 15 item pernyataan dan variabel Y masing-masing 15
item pernyataan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh reliabilitas terdapat
pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan perhitungan korelasi
spearman rank yang diperoleh hasilnya 0,75 dan koefisien determinasi sebanyak
56,25% yang berarti terdapat pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS AlManshuriyah Kota Tangerang. Dengan pembuktian bahwa t hitung lebih besar
dari t tabel (56,25 ≥ 1,96373). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh
kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang diterima
dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara
kedisiplinan kinerja guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Faradilla Putri Ananda Gunawan 1903020091
Pengarang Faradilla Putri Ananda Gunawan - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Ariesta Setyawati - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Rosbandi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2309101 FAR p
Subyek Hasil Belajar
Kinerja Guru
Kedisiplinan
Klasifikasi Ai2309101
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxv + 140 hlm, ;29 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Nur Halimah 0412029003 / Pembimbing 2 : Ariesta Setyawati 0421079201 / Penguji 1 : Karmawan 2003027001 / Penguji 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 3 : Rosbandi 8846801019

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id