Pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Manshuriyah
Kedisiplinan meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin
sikap. semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk
mengawas diri dalam meningkatkan budaya kinerja sehingga terciptanya etos kerja yang
baik, karena etos kerja memiliki peluang besar dalam keberhasilan kinerja. Sedangkan
hasil belajar perubahan yang berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan dan
sikap yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses kegiatan belajar guna
menjadi pedoman didalam hidupnya.
Adapun permasalahan pada penelitian ini: ―Apakah ada pengaruh antara
kedisiplinan kinerja guru Akidah Akhlak dengan hasil belajar mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang.
Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan
datanya menggunakan tehnik analisis data produck moment. Dengan populasi 135
sementara Sampel yang digunakan berjumlah 102 peserta didik pengambilan
sampel menggunakan tehnik random sampling dengan menggunakan rumus Issac.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode
dokumentasi.
Instrument penelitian ini menggunakan angket (Quisioner) dimana untuk
variabel X sebanyak 15 item pernyataan dan variabel Y masing-masing 15
item pernyataan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh reliabilitas terdapat
pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran akidah akhlak dibuktikan dengan perhitungan korelasi
spearman rank yang diperoleh hasilnya 0,75 dan koefisien determinasi sebanyak
56,25% yang berarti terdapat pengaruh kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTS AlManshuriyah Kota Tangerang. Dengan pembuktian bahwa t hitung lebih besar
dari t tabel (56,25 ≥ 1,96373). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh
kedisiplinan kinerja guru akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran akidah akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang diterima
dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara
kedisiplinan kinerja guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTS Al-Manshuriyah Kota Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Faradilla Putri Ananda Gunawan 1903020091 |
Pengarang |
Faradilla Putri Ananda Gunawan - Personal Name Nur Halimah - Personal Name Ariesta Setyawati - Personal Name Karmawan - Personal Name Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name Rosbandi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2309101 FAR p |
Subyek |
Hasil Belajar Kinerja Guru Kedisiplinan
|
Klasifikasi |
Ai2309101 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxv + 140 hlm, ;29 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Nur Halimah 0412029003 / Pembimbing 2 : Ariesta Setyawati 0421079201 / Penguji 1 : Karmawan 2003027001 / Penguji 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 3 : Rosbandi 8846801019 |